Alasan Hiperkolesterolemia Wajib Mengonsumsi Bawang Putih

Hiperkolesterolemia atau keadaan dimana kadar kolesterol dalam tubuh lebih tinggi dari kadar normal. Hiperkolesterolemia ini lah yang sering dikenal sebagai “sakit kolesterol”. Kondisi ini bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang berakibat jantung koroner.

Beberapa faktor yang menyebabkan hiperkolesterolemia diantaranya; pola makan yang buruk, faktor lingkungan, jarang berolahraga, dan sering merokok. Terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurangnya asupan serat memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh kita.

Banyak orang yang tidak menduga bahwa dirinya memiliki kadar kolesterol yang tinggi, karena hiperkolesterolemia umumnya tidak menunjukan gejala apapun. Pasien biasanya baru menyadari mereka mengidap hiperkolesterolemia ketika mengalami komplikasi, seperti serangan jantung atau stroke.

Hiperkolesterolemia tidak hanya menyerang orang dengan usia lanjut, tapi bisa menyerang orang yang berusia 21 tahun keatas. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk melakukan skrining sedini mungkin untuk mengukur kadar kolesterol.

Penanganan Hiperkolesterolemia
Penanganan hiperkolesterolemia dapat dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya lebih memperhatikan pola makan dan pemilihan bahan makanan yang dikonsumsi. Pemilihan bahan makanan yang dapat menurunkan kolesterol bisa dimulai dari bahan-bahan yang mudah ditemukan, salah satunya bawang putih.

Kenapa bawang putih?
Bawang putih mengandung allicin yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Bawang putih juga dapat mengurangi pembekuan darah dan mengurangi tekanan darah, sehingga baik digunakan untuk terapi kardiovaskular.

Selain allicin, bawang putih juga mengandung senyawa phytochemical yang dapat befungsi sebagai anti peradangan. Senyawa ini membantu mencegah peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat) dan mencegah reaksi oksidatif dalam tubuh.

Kandungan dithiin dan ajoene memiliki sifat antikoagulasi dan darah rendah, sehingga dapat menurunkan kecepatan pembekuan darah dan mengurangi resiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Gimana cara konsumsinya?
Pada dasarnya, tidak ada cara khusus mengonsumsi bawang putih untuk mendapatkan manfaat ini. Ada yang dimakan langsung, ada yang dicampur air perasan lemon, ada yang dicampur ke bahan makanan, ada juga yang sudah dalam bentuk kapsul. Untuk cara praktisnya, Anda dapat memilih suplemen herbal yang mengandung ekstrak bawang putih, salah satunya adalah Nokoles. Nokoles mengandung tiga bahan herbal alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, diantaranya: temulawak, jahe, dan bawang putih.

Jangan menunda kesembuhan Anda, karena Anda berhak memiliki tubuh yang sehat. Berikan dukungan Anda untuk kerabat dengan hiperkolesterolemia. Dukungan lingkungan sangat berpengaruh untuk kesembuhan pasien.