Alasan Mengapa tidak Dianjurkan Mengonsumsi Gorengan saat Sahur

alasan-mengapa-tidak-dianjurkan-mengonsumsi-gorengan-saat-sahur

Saat sahur, kebanyakan orang ingin membuat menu makanan yang praktis, salah satunya dengan gorengan. Gorengan memang identik sebagai snack saat berbuka puasa, walaupun tak jarang juga dijadikan menu sahur. Namun, tahukah Anda bahwa tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gorengan saat sahur?

Dilantik dari pakar gizi dari Halodoc, Jovita Amelia, mengonsumsi gorengan saat sahur memperlambat pengosongan lambung yang justru memicu kenaikan asam lambung. Kenaikan asam lambung tentunya menimbulkan masalah lain seperti mual, pusing, bahkan muntah. Anda pun juga menjadi lebih cepat lapar dari mereka yang tidak mengonsumsi gorengan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak saat sahur. Konsumsi makanan berminyak dapat membuat sel darah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20%. Akibatnya, Anda akan mudah mengantuk pada siang hari. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, bukan?

Eits, bukan hanya cemilan gorengan saja yang harus Anda hindari saat sahur, tapi makanan berat seperti ayam goreng, tahu, dan tempe sebaiknya juga dihindari. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti karbohodrat kompleks, protein, lemak baik, buah-buahan, dan sayuran.

Nah, itu dia mengapa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan saat sahur. Lebih baik mengonsumsi makanan berkuah atau yang ditumis, ya!

Leave a Comment