Apa itu GERD? Kenali Penyakit Lambung yang Satu Ini!

Gastroesophageal Reflux Disease (atau yang sering dikenal dengan GERD atau asam lambung) adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan akibat tidak berfungsinya otot pada bagian bawah kerongkongan yang mengatur masuknya makanan dan minuman ke lambung.

Apa saja gejala GERD ?

Gejala GERD yang umumnya dirasakan adalah mulut terasa pahit atau asam, mual, nyeri dada, mual bahkan muntah. Walaupun terdengar ringan, sebaiknya Anda jangan menyepelakan GERD. Sebab bila tidak ditangani, GERD akan menyebabkan terjadinya peradangan, iritasi, dan luka pada dinding lambung.

Waduh, ada pantangannya ‘nggak, ya, untuk penderita GERD?

Jika Anda memiliki penyakit GERD, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, diantaranya :

  • Coklat
  • Soda
  • Goreng-gorengan
  • Alkohol
  • Daging tinggi lemak
  • Kafein
  • Makanan pedas

Mulailah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman diatas, agar meminimalisir rasa sakit saat asam lambung naik.

Kalau dari gaya hidup, apa ada juga pantangannya ?

Tentunya Anda juga harus menjaga gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk menimalisir rasa sakit saat GERD menyerang Anda. Dengan rajin mengonsumsi sayuran hijau yang kaya akan magnesium, murangi konsumsi makanan yang dapat memperburuk nyeri saat asam lambung naik, menghindari ngemil diantara waktu makan, serta memperhatikan porsi makanan; lebih baik makan dengan porsi sedikit, namun sering.

Apa ada obat untuk mengatasi GERD ?

Seperti yang sudah dibahas, GERD memang tidak bisa sepenuhnya disembuhkan, namun Anda bisa mengonsumsi madu hitam pahit secara teratur untuk mengurangi rasa sakit saat asam lambung tengah naik dan meminimalisir munculnya gejala-gejala GERD yang dapat menganggun aktivitas Anda.

Anda tidak yakin untuk mengonsumsi madu hitam pahit? Buktikan sekarang juga, ganti madu Anda dengan Madu Hitam Pahit 600gr.

Leave a Comment