Seberapa Penting Asupan Asam Folat untuk Ibu Hamil?

Seperti yang kita ketahui, seorang wanita hamil hendaknya mengonsumsi makanan bergizi untuk kebaikan dirinya dan juga janin. Begitu juga dengan konsumsi asam folat atau yang lebih dikenal dengan vitamin B9.

Asam folat atau vitamin B9 memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan masa kembang janin. Selain itu juga, asam folat terbukti dapat membantu mensukseskan program kehamilan seseorang.

Bagi Anda yang tengah melakukan program kehamilan, disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg setiap harinya. Sedangkan bagi Anda yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 – 600 mcg per hari.

Lalu apa saja manfaat asam folat untuk wanita hamil? Ini dia manfaatnya :

  • Asam folat merangsang produksi eritrosit
  • Dengan jumlah eritrosit yang cukup, maka proses perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pun menjadi optimal. Hal tersebut sangat baik untuk proses perkembangan janin, agar janin tidak mengalami kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

  • Mencegah risiko keguguran
  • Asam folat sudah terbukti dapat mencegah terjadinya risiko keguguran. Maka dari itu, konsumsi lah asam folat setiap harinya agar terhindar dari risiko keguguran.

  • Mencegah kerusakan otak
  • Dengan mencukupi asupan asam folat, maka perkembangan otak janin akan maksimal. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya kerusakan pada otak janin yang tengah berkembang dalam kandungan.

  • Meningkatkan produksi sel darah merah
  • Untuk menghindari kondisi anemia beserta keluhannya, ada baiknya Anda untuk mengonsumsi asam folat. Sebab, asam folat dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

  • Membantu perkembangan janin
  • Asam folat sangat bermanfaat untuk perkembangan janin, dimulai dari proses pembentukan hingga kelahiran. Jika Anda kekurangan asam folat, maka risiko terjadi kelainan pada bayi ketika lahir akan lebih tinggi. Selain itu juga, janin akan mengalami gangguan pada perkembangan dan pertumbuhannya. Jaringan-jaringan otak dan sel-sel tubuh akan berkembang secara lambat. Hal ini tentunya berbahaya untuk janin yang ada di dalam kandungan.

Asam folat dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kol, sawi, serta brokoli. Selain itu, aneka jenis buah-buah seperti pisang dan jeruk juga kaya akan asam folat. Anda juga dapat mengonsumsi telur, ikan, serta hati sapi dan ayam untuk memenuhi kebutuhan asam folat bagi tubuh Anda.

Leave a Comment