Ingin Cepat Hamil? Ketahui Masa Subur Anda Sekarang!

Mengetahui masa subur adalah salah satu elemen penting bagi Anda yang tengah melakukan program kehamilan. Dengan mengetahui masa subur, persentasi Anda untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Masa subur ditandai dengan matangnya sel telur, kemudian terjadi ovulasi—atau pelepasan sel telur dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi. Pada umumnya, ovulasi terjadi empat belas hari sebelum siklus haid selanjutnya.

Ada banyak cara untuk menghitung masa subur Anda tanpa harus berkonsultasi ke dokter. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Sistem Kalender
  • Salah satu perhitungan masa subur yang paling mudah adalah dengan sistem kalender. Untuk Anda yang memiliki siklus haid normal (siklus 21 – 28 hari), maka perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum siklus haid selanjutnya. Misalkan, tanggal haid Anda 12 Agustus, maka tanggal haid selanjutnya adalah 9 September. Dengan demikian, masa subur Anda kira-kira jatuh pada tanggal 26 Agustus.

    Lalu bagaimana dengan Anda yang siklus haidnya tidak teratur? Perhitungannya akan dijabarkan sebagai berikut :

    Masa subur Anda =

    (Siklus terpendek – 18 hari)

    Dan

    (Siklus terpanjang – 11)

    Dengan perhitungan diatas, Anda akan dengan mudah mengetahui kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan intim bersama suami.

  • Menghitung Suhu Basal
  • Walaupun dinilai akurat, cara yang satu ini pelaksanannya memang tidak praktis. Untuk mengetahui hasil yang akurat, Anda dapat mengukur suhu basal segera setalah bangun tidur. Saat tubuh dalam keadaan normal, suhu basal tubuh Anda sekitar 36 derajat Celcius. Pada saat terjadi ovulasi, suhu basal dapat meningkat 0,4 – 1 derajat Celcius. Metode ini akan lebih akurat bila Anda rajin melakukan pengecekan setidaknya tiga bulan berturut-turut.

  • Melalui Penilaian Lendir Serviks
  • Cara lain yang dapat membantu Anda untuk mengetahui masa subur adalah dengan melakukan pengecekan lendir serviks. Apabila Anda mendapati lendir serviks yang elastis, jernih, dan licin, itu artinya Anda sedang mengalami masa subur. Untuk praktiknya, Anda tinggal meraba lendir di sekitar daerah vagina.

  • Menggunakan Alat
  • Jika Anda merasa belum puas dengan hasil pengamatan diatas, Anda bisa menggunakan alat tes ovulasi yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Alat ini bekerja untuk mendeteksi lonjakan Luteinizing hormone (LH) atau hormon reproduksi melalui urin Anda. Untuk hasil yang maksimal, gunakan alat ini sesuai petunjuk pemakaian.

Selain mengetahui masa subur, Anda juga harus mengetahui masa-masa yang pas untuk melakukan hubungan intim. Selama masa subur, lakukanlah hubungan intim setidaknya dua hari sekali untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Itu dia tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mensukseskan program kehamilan Anda. Jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa agar program kehamilan Anda dapat membuahkan hasil.

Leave a Comment