Menstruasi tidak Teratur? Ini Dia Penyebabnya

menstruasi-tidak-teratur

Ladies, apakah menstruasi tidak teratur? Apa Anda sering bertanya-tanya penyebab mengapa menstruasi Anda tidak teratur? Yuk, simak jawabannya disini!

Pada umumnya, siklus menstruasi normal wanita terjadi dalam teggang waktu 21 – 35 hari. Menstruasi dikatakan tidak teratur jika terjadi diluar siklus tersebut serta lamanya menstruasi berubah-rubah setiap bulannya. Pada awal masa pubertas, normal untuk mengalami menstruasi yang tidak teratur. Anda dikatakan tidak teratur jika Anda mengalami hal-hal dibawah ini :

  • Polymenorrhe : merupakan siklus menstruasi yang kurang dari 21 hari (siklus menjadi pendek),
  • Oligomenorrhea : merupakan siklus menstruasi yang lebih dari 35 hari (siklus menjadi panjang),
  • Amenorrhea : merupakan kondisi dimana tidak mengalami mensturasi selama tiga bulan berturut-turut,
  • Metrorrhagia : merupakan kondisi dimana pendarahan menstruasi terjadi lebih lama dengan volume darah lebih banyak.

Lalu, apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur? Ada beberapa faktor yang menyebabkan menstruasimu menjadi tidak teratur, salah satunya :

  1. Menjelang menopause
  2. Kehamilan
  3. Penggunaan alat kontrasepsi
  4. Berolahraga berlebihan
  5. Stres dan ketidakseimbangan hormon
  6. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  7. Berat badan turun
  8. Obesitas
  9. Masalah tiroid
  10. Merokok

Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebab menstruasi tidak teratur, terutama untuk Anda yang sudah berusia diatas 40 tahun. Karena hal ini bisa saja gejala polip serviks, polip endometrium, kondisi prakanker (hiperplasia endometrium), bahkan kanker endometrium. Lebih baik untuk melakukan pengecekan daripada menerka-nerka sendiri, ya, Ladies.

Cara Mengatasi Menstruasi tidak teratur

Namun, ada cara untuk mengatasi permasalahan menstruasi tidak teratur. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah Anda. Sebagai contoh, jika hal itu disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi, Anda sebaiknya diskusikan bersama pasangan untuk mengganti alat kontrasepsi.

Mengubah gaya hidup seperti tidak berolahraga berlebihan, melakukan kegiatan-kegiatan yang menghilangkan stres, selalu berpikir positif, dan banyak mengonsumsi air putih juga dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar. Mengubah pola dan menu makanan juga dapat mempengaruhi lancarnya menstruasi Anda, lho, Ladies.

Atau, Anda juga bisa mengonsumsi Menstri; madu yang khusus diracik untuk mengatasi menstruasi tidak lancar. Konsumsi sebanyak 2×1 sehari 1 sendok makan sebelum sarapan dan sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a Comment