Metabolisme: Semua Hal yang Wajib Anda Ketahui

metabolisme

Sehari-hari, kita sering mendengar istilah metabolisme. Banyak sekali hoax seputar metabolisme yang sering kita dengar dari berbagai sumber. Apa benar metabolisme mempengaruhi berat badan seseorang? Apakah metabolisme mempunyai peranan penting dalam tubuh? Jangan sampai termakan informasi palsu, simak penjelasan singkat metabolisme di bawah ini.

Apakah proses metabolisme sama dengan mencerna?

Metabolisme adalah proses pengolahan gizi menjadi energi atau kalor. Sedangkan mencerna adalah proses dimana organ-organ pencernaan mengolah makanan yang masuk menjadi zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari pengertiannya saja, metabolisme dan mencerna memiliki tugas yang berbeda, walaupun saling berkaitan satu sama lain.

Kalau memang berbeda, terus proses metabolisme itu kaya gimana, ‘sih?

Proses metabolisme pada dasarnya terbagi menjadi dua proses yaitu, katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses pembentukan energi yang dihasilkan dari zat-zat gizi yang sudah dicerna oleh organ pencernaan. Sedangkan anabolisme adalah proses yang akan menghabiskan energi, sebab energi ini digunakan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta menghasilkan berbagai macam hormon.

Apa ada hubungan antara metabolisme dan berat badan?

Ya, memang ada hubungannya antara metabolisme dan berat badan Anda. Metabolisme menjadi penentu seberapa banyak energi/kalori yang didapatkan dari makanan yang Anda makan. Jika ternyata kalori yang dibakar oleh tubuh berjumlah lebih sedikit dari kalori yang masuk, Anda tentunya akan mengalami kenaikan berat badan. Sebab, tubuh akan menyimpan kelebihan kalori ini dalam bentuk lemak.

Walaupun begitu, metabolisme bukanlah faktor utama terjadinya kenaikan berat badan. Minimnya aktivitas seseorang, jarang berolahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, serta tidak mengonsumsi cukup protein merupakan faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu juga, orang yang memiliki berat badan berlebih tidak berarti memiliki metabolisme yang lambat.

Apa ada cara untuk meningkatkan metabolisme?

Nah, mulai sekarang, cobalah lakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini untuk membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh:

  • Mengonsumsi makanan kaya akan protein
  • Jangan lupa minum air putih dengan cukup
  • Jaga pola tidur
  • Menyempatkan waktu untuk berolahraga
  • Mengonsumsi makanan pedas

Leave a Comment