Tenang, Merawat Rambut Berjilbab itu Mudah kok!

Kelihatannya, wanita berjilbab terbebas dari masalah rambut karena kepala selalu terlindungi dari sinar ultraviolet, polusi, serta debu. Banyak wanita akhirnya menyepelekan perawatan rambut karena alasan tadi. Eits, tapi kata siapa wanita berjilbab bisa terbebas dari masalah rambut? Rambut yang tertutup selama berjam-jam menyebabkan rambut menjadi lembab dan lepek, lho. Terlalu lama mengikat rambut juga dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

Lalu bagaimana cara merawat rambut berjilbab? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Biarkan rambut kering terlebih dahulu sebelum menggunakan jilbab

Hal yang wajib kamu hindari adalah menggunakan jilbab ketika rambut masih basah. Selain akan membuat kulit kepala lembab sehingga menyebabkan bau apek, menggunakan jilbab ketika rambut masih basah juga dapat menyebabkan ketombe, lho. Biarkan rambut kering terlebih dahulu sebelum menggunakan jilbab, tapi ingat, lebih baik rambut kering selama alami daripada menggunakan hair dryer.

  1. Gunakan shampoo khusus

Memilih shampoo yang tepat adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut kamu. Rambut wanita berjilbab cenderung berminyak, sehingga dapat memicu timbulnya ketombe. Oleh karena itu, gunakan shampoo khusus untuk rambut berjilbab. Selain itu, hindari untuk terlalu sering keramas agar rambut tidak menjadi lemah.

  1. Berikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut

Tidak hanya wajah yang butuh diberikan moisturizer dan nutrisi, tetapi rambut kamu juga! Gunakan masker rambut dua sampai tiga kali seminggu untuk menutrisi rambut kamu. Selain menggunakan masker rambut, kamu juga bisa menggunakan hair oil, contohnya Bajaj Almond Drops Oil—minyak almond yang kaya akan vitamin E dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kamu. Gunakan sebelum keramas untuk hasil yang terbaik.

  1. Jangan terlalu kencang mengikat rambut

Rambut yang diikat kencang dalam waktu yang cukup lama dapat membuat rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Tata rambut kamu dalam bentuk cepolan atau ikat kuda longgar agar rambut tidak mudah patah. Selain itu, gerai juga rambut kamu sesekali, seperti ketika di rumah dan sedang tidur.

  1. Pilih bahan jilbab yang membuat kamu nyaman

Bahan jilbab ternyata memengaruhi kondisi kulit kepala dan rambut kamu, lho! Jadi sangat penting untuk memilih jilbab yang pas dan juga membuat kamu nyaman. Kami menyarankan untuk menggunakan jilbab berbahan katun atau chiffon, karena bahan ini memudahkan rambut untuk bernapas. Gunakan jilbab berkain tipis dan adem ketika cuaca panas dan hindari penggunaan jilbab warna hitam, sebab warna hitam berisfat menyerap panas.

Itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut berjilbab. Keliatan memang simple, namun hal-hal kecil seperti ini yang memberikan dampak besar terhadap tubuh kamu.